Yuk, Gabung!

Gabung yu bareng ratusan member lainnya untuk belajar bahasa Inggris online via WhatsApp. Gratis ko… ^_^

Kursus Online WilEnglish

Ikuti kursus online WilEnglish untuk bisa belajar bahasa Inggris secara step-by-step mulai dari dasar. klik disini

Tujuan Mempelajari Part of Speech

Gambar Pensil Metode
Updated | Written by

Sebagaimana yang telah disebutkan di bagian pengertian, bahwa materi part of speech ini merupakan materi paling dasar yang sangat penting untuk dipelajari. Tidak lain dan tidak bukan tujuan mempelajari part of speech adalah untuk memudahkan kita mempelajari materi lainnnya yang levelnya tentu lebih tinggi. 

Grammar Itu Penting!

Dalam sebuah kalimat terdiri dari beberapa jenis kata. Dalam bahasa Indonesia, kita mempelajari SPOK dan dalam bahasa Inggris kita mempelajari part of speech. Part of speech adalah bagian dari grammar, lalu mengapa kita harus mempelajari grammar?

Jawaban yang tepat adalah agar kita bisa mengetahui perbedaan tata bahasa antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Ada begitu banyak perbedaan tata bahasa antara keduanya yang mana kalau tidak dipelajari, selamanya kamu tidak akan pernah bisa mahir berbahasa Inggris.

Contoh hal yang sederhana adalah kata ‘kucing hitam‘. Dalam gramatikal bahasa Inggris warna disebut lebih dulu karena termasuk adjective. Jika kamu ingin mengartikan kucing hitam ke dalam bahasa Inggris tanpa menggunakan grammar yang benar, maka artinya adalah ‘cat black‘ yang tentu itu 100% salah. 

Kebayang donk malunya ketika kamu ingin menulis status berbahasa Inggris di sosmed namun kamu menulisnya dengan gramatikal yang salah, alhasil bahasa Inggrismu malah membingungkan orang lain dan bahkan bisa-bisa ditertawakan. Sejak kapan ‘kucing hitam‘ adalah ‘cat black‘. Dalam bahasa Inggris yang benar warna lebih dulu disebutkan, maka yang benar adalah ‘Black Cat‘.

Itu adalah sebagian kecil perbedaan tata bahasa antara bahasa Inggris dengan bahasa kita, ada begitu banyak perbedaan yang harus kita pelajari.

Ingat ya,

Semakin tidak dipelajari malah semakin menyulitkan kita dalam berbahasa Inggris. Maka semakin dipelajari akan semakin membuat kita paham dimana letak perbedaannya dan kemudian kita bisa mengaplikasikannya kedalam writing atau speaking kita

Belajar Tanpa Grammar?

Pernah ngga sih kamu temui salah satu kursusan yang menawarkan belajar bahasa Inggris tanpa grammar? kalo iya, maka kamu perlu tau alasan mengapa mereka menggunakan promosi itu.

Alasan pasti tentu berbeda-beda dari setiap kursusan. Namun bisa jadi mereka menggunakan kalimat itu untuk mengajak banyak orang agar mau mempelajari bahasa Inggris karena memang banyak orang yang enggan belajar bahasa Inggris dengan alasan sulit mempelajari grammar.

Namun, bukan berarti di saat kamu mengikuti kursusan tersebut kamu tidak mempelajari grammar. Mustahil kamu bisa mahir dalam berbahasa Inggris tanpa mempelajari grammar. Mungkin kamu bisa lancar dalam urusan speaking, tapi tentu bahasa Inggrismu akan sulit dipahami oleh yang lainnya jika speakingmu tidak menggunakan grammar.

Memperkenalkan Istilah Penting

Pada pembahasan part of speech juga kamu akan dikenalkan dengan istilah-istilah yang mungkin beberapa diantaranya sudah kamu dengar sebelumnya. 

Sama halnya ketika kamu diperkenalkan kepada seseorang yang baru, tentu kamu harus banyak mengetahui informasi tentang orang baru tersebut untuk memudahkan kamu berinteraksi dengan dia kedepannya.

Begitupula dengan materi ini, sebagai contoh salah satu dari materi ini adalah verb yang mana istilah verb akan selalu muncul dibanyak materi kedepannya.

Bagikan artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email